1. Pengenalan HTML

Pengenalan HTML

1.    Pengenalan HTML
HyperText Markup Language (HTML) merupakan bahasa standar yang digunakan untuk membuat halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser. Dokumen html terdiri dari elemen-elemen yang menginstruksikan browser untuk menghasilkan tampilan sesuai yang diinginkan.
HTML pertama kali dikenalkan oleh IBM pada tahun 1980. Saat itu tercetus ide untuk menempatkan elemen elemen yang berguna untuk menandai bagian suatu dokumen seperti judul, alamat dan isi dokumen. Pada akhirnya elemen element tersebut dibentuk menjadi suatu program untuk melakukan pemformatan dokumen secara otomatis. Bahasa pemrograman untuk melakukan tugas ini disebut sebagai bahasa markup. IBM menamai program ini sebagai Generalized Markup Language.
Pada tahun 1986, konsep ini disetujui oleh ISO (International Standard Organization) sebagai standar untuk pembuatan dokumen. Bahasa ini dinamai oleh ISO sebagai Standard Generalized Markup Language (SGML) HTML sendiri, adalah bagian dari SGML. Tim Berners-Lee dari CERN mengemukakan sebuah ide tentang pembuatan skrip bahasa pemrograman dan dokumen yang dapat diakes oleh semua komputer tanpa melihat jenis platformnya. Sejak saat itu HTML menjadi lebih populer dibandingkan SGML.
Terdapat dua cara membuat halaman web dengan html, yaitu menggunakan web designer atau dengan teks editor biasa. Ekstensi penyimpanan berkas html yang dibuat adalah .html. nama berkas pada dokumen HTML bersifat case-sensitive sehingga berkas dengan nama dokumen.html berbeda dengan DOKUMEN.html.


Kegunaan HTML: 
  1. Mempublikasikan dokumen secara online sehingga dapat diakses dari seluruh dunia;
  2. Mengatur tampilan dari halaman web dan isinya;
  3.  Membuat form, yang digunakan untuk menangani pendaftaran atau transaksi secara online;
  4. Menambahkan obyek-obyek seperti image, audio, dan video.


2 Responses to "1. Pengenalan HTML"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel