Pengertian dan Sejarah Internet Secara Lengkap

Pengertian dan Sejarah Internet Secara Lengkap

Pada Artikel Teknologi berikut ini akan dijelaskan pengertian Internet dan sejarag Internet.  Internet (Interconnection Networking)  adalah kumpulan dari jaringan komunikasi global yang terbuka dan menghubungkan jaringan komputer dari sistem yang berbeda-beda dengan berbagai tipe dan jenis, dengan menggunakan tipe komunikasi seperti telepon, satelit dan lain sebagainya.
Sejarah Internet
Menurut sejarah, internet lahir pada era tahun 60-an atau lebih tepatnya tahun 1969. Internet berawal dari riset yang disponsori oleh DARPA (Defense Advance Reasearch ProjectsAgency).

Riset ini bertujuan untuk mengembangkan suatu jaringan komputer yang :
1.Berkerja secara transparan, melalui bermacam-macam jaringan komunikasi data yang terhubung satu dengan yang lainnya.
2.Tahan terhadap berbagai gangguan (bencana alam, serangan nuklir dan lain sebagainya)
Pengembangan jaringan ini sukses daan  melahirkan APRANET (Advanced Research Project Agency Network) . Jadi APRANET adalah jaringan komputer pertama yang ada di dunia.

Aplikasi internet yang pertama kali ditemukan
Aplikasi internet yang pertama kali ditemukan adalah FTP (File Transfer Protocol (FTP)adalah salah satu layanan internet untuk melakukan transfer file. Proses melakukan transfer file dari komputer ke server (file server) disebut dengan istilah unggah (upload). File yang sudah berada di file server, dapat diambil oleh orang lain untuk disimpan di komputer (pc). Proses mengambil file dari file server disebut dengan unduh (download).

Disusul oleh email, email atau Electronic-mail adalah surat atau pesan elektronik yang dikirimkan dan diterima melalui komputer.

Telnet, Telnet (Telecommunication Network) merupakan salah satu protokol jaringan yang digunakan di koneksi internet atau LAN (Local Area Network). Telnet digunakan untuk melakukan koneksi ke sebuah server dan port tertentu. Telnet digunakan untuk berinteraksi langsung dengan server.
Demikian pembahasan tentang pengertian dan sejarah internet di dunia semoga dapat dijadikan referensi dan semoga bermanfaat.

0 Response to "Pengertian dan Sejarah Internet Secara Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel